0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kesiapan Pemberian ASI Hantar Sri Mulyani Raih Doktor UNS

Sri Mulyani meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS) (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kesiapan pemberian Air Susu Ibu (ASI) menghantar Sri Mulyani meraih gelar Doktor Universitas Sebelas Maret (UNS). Sri Mulyani berhasil lukus ujian doktor dengan nilai 3,95 berpredikat Sangat Memuaskan.

“Tingkat kesiapan ibu dalam pemberian ASI eksklusif di Surakarta belum optimal,” ungkap Sri Mulyani saat mempertahankan disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno Msc PhD di Gedung Rektorat UNS, Rabu (30/8).

Dijelaskan, berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya skor kesiapan ibu sebesar 7,33% berada pada kategori tinggi, dan 91,33%  berada pada kategori sedang, dan 1,33% berada pada kategori rendah.

Indikator kesiapan ibu dalam pemberian ASI eksklusif, menurut Mulyani, meliputi: kesiapan fisik, kesiapan psikologis, pengetahuan dan keterampilan tentang pemberian ASI eksklusif serta asupan gizi ibu. “Kesiapan sebelum memberikan ASI eksklusif mutlak harus dilakukan agar proses laktasi berjalan lancar,” tandasnya.

Implikasi praktisnya, menurut Muyani, bagi pemerintah penerapan model pemberdayaan ibu hamil dalam kesiapan pemberian ASI ekslusif memerlukan partisipasi masyarakat (ibu hamil, keluarga, tenaga kesehatan) sebagai subyek sekaligus obyek pembangunan dengan regulasi, monitoring dan evaluasi dari pemerintah.

Pemberdayaan ibu hamil dalam kesiapan pemberian ASI eksklusif, menurut Sri Mulyani, memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu diperlukan peran serta dari masyarakat seperti ibu hamil, keluarga, kader kesehatan, tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge