0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Faktor Cuaca Pengaruhi Pengamatan Hilal di Bukit Sukuh

Pengamatan hilal di Bukit Sukuh (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Tim Observatorium Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam gagal mengamati kemunculan rembulan muda dari kompleks Candi Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar, Selasa (22/8) petang. Obyek pengamatannya tertutup awan tebal.

“Sebenarnya di ufuk barat dari titik ini (Sukuh) tidak ada penghalang gunung. Namun saat diamati secara manual dan perangkat digital robotic telescope, muncul awan yang menutup matahari saat tenggelam maupun kemunculan rembulan yang visibilitasnya hanya 0,2 persen,” kata Kepala Observatorium CASA Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, AR Sugeng Riyadi kepada wartawan di lokasi pengamatan.

Pengamatan di lokasi ini untuk menentukan 1 Dzulhijjah 1438 H. Kegiatan itu disaksikan pejabat Pemkab Karanganyar, Kemenag Karanganyar dan tokoh masyarakat. Meski pengamatan dengan perangkat itu tak berhasil melihat hilal atau rembulan muda, tim mempersilakan jika ada yang mengaku menyaksikan kemunculan bulan sabit muda pertama dalam durasi terbatas itu. Yakni antara pukul 17.25 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Namun 100 orang yang hadir angkat tangan.

“Sedianya jika dari lokasi ini kelihatan, maka akan langsung dilaporkan ke Kemenag Pusat. Walaupun begitu, masih banyak lokasi pengamatan hilal di Indonesia yang dapat dijadikan patokan,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karanganyar, Mustain Ahmad menuturkan, Kabupaten Karanganyar sudah mendaftarkan bukit di kawasan Candi Sukuh sebagai lokasi pemantauan. Mustain mengaku mendaftarkan bukit Sukuh sebagai lokasi pengamatan hilal setelah berkonsultasi dengan ahli hisab dan rukyat.

“Sudah daftar ke pusat sebagai titik pemantauan. Pengamatan di beberapa pantai sering gagal. Info baru di titik tertentu di perbukitan menjadi best location. Ditemukan salah satu titik di Sukuh. Lokasi ini standar untuk rukyat karena minim kabut tebal, angin bebas melintas,” ujar Mustain

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge