0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bukit Sukuh Jadi Tempat Pengamatan Rukyat Hilal

Pengamatan rukyatulhilal di kompleks Candi Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar (dok.timlo.net/raymond)

Karanganyar — Bukit Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar menjadi salah satu tempat ideal pengamatan rukyatulhilal di Indonesia. Lokasinya terekomendasi dari berbagai faktor untuk meneropong bulan sabit muda penentu awal Ramadan maupun 1 Syawal penanggalan Hijriyah.

“Di bukit Sukuh ini strategis. Ideal. Ketinggian 7 derajat sampai 8 derajat. Di ufuk barat ketinggian 0,5 derajat sampai 1 derajat tidak ada penghalang gunung maupun bukit,” kata Kepala Observatorium Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, AR Sugeng Riyadi kepada wartawan di lokasi pengamatan, Selasa (22/8) petang.

Para astronom dari Ponpes tersebut diandalkan Kementerian Agama (Kemenag) untuk membuktikan kemunculan rembulan muda di ufuk barat dalam menentukan awal penanggalan di bulan Hijriyah. Hasilnya akan menjadi materi sidang isbat.

Lebih lanjut dikatakan, terdapat 50-an lokasi pengamatan Rukyatulhilal di Indonesia. Ia menyebut, lokasi di Jawa Tengah antara lain observatorium Ponpes Assalaam, Menara Masjid Agung Semarang dan Masjid Raya Kudus.

Di Karanganyar, lokasi pengamatan di area Candi Sukuh paling tepat. Koordinatnya di 7 derajat 37’ 4” LS dan 111 derajat 07’ 46” BT serta di ketinggian 1.190 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge