0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dana Desa Melimpah, Menkeu Ingatkan Kades Tidak Tergoda Korupsi

Menkeu Sri Mulyani saat kunjungan kerja di Desa Ponggok (timlo.net/a wijaya)

Klaten — Pemerintah Pusat mengalokasikan Rp 701,1 Triliun untuk transfer dana ke daerah. Dari jumlah itu, Rp 60 Triliun dialokasikan untuk Dana Desa.

“Saya sangat sedih jika ada Kepala Desa (Kades) ditangkap gara-gara korupsi Dana Desa. Karena penyakit korupsi itu ada dimana-mana. Setiap hari manusia dihinggapi oleh rasa tamak. Itulah jahatnya korupsi,” pesan Menkeu Sri Mulyani, Rabu (23/8).

Ia membandingkan, transfer dana Rp 60 Triliun itu sama dengan tiga kali lipat program keluarga harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga miskin di Indonesia.

Kucuran ke 74.754 desa di Indonesia tersebut, sambungnya, juga sama dengan satu per empat Dana Desa yang dialokasikan untuk program subsidi pangan bagi 45 juta Kepala Keluarga (KK).

Mengingat hal itu, Sri Mulyani telah meminta Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu agar membuat formula ulang penyaluran Dana Desa tahun 2018. Hal itu untuk mengurangi kesenjangan antara desa dengan desa lainnya.

“Selama ini berdasarkan sama rata sama rasa. Saya minta ke Dirjen Perimbangan ada pemihakan ke desa belum maju agar bisa mengakselerasi Dana Desa lebih besar. Jadi (pembagiannya) setiap desa enggak sama. Sehingga tidak terjadi ketimpangan,” bebernya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge