0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Strategi Kemenhub Menghadapi Arus Mudik Lebaran Haji

Dirjen Bina Marga Arie Setiadi (merdeka.com)

Timlo.net – Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan kerja sama penanganan mudik. Kali ini untuk perayaan Idul Adha yang akan jatuh pada 1 September 2017 mendatang.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setiadi, mengatakan pemerintah akan menyusun strategi mengantisipasi macet saat perayaan Idul Adha. Apalagi, perayaan tersebut bertepatan dengan libur akhir pekan.

“Selanjutnya ada libur Idul Adha jatuh pada hari Jumat, Lebaran haji akbar. Dan Jumat, Sabtu, Minggu long weekend kita akan mempersiapkan diri,” ujar Arie usai melakukan pertemuan dengan Menteri Perhubungan di Kantornya, Jakarta, Rabu (23/8).

Arie mengatakan ada beberapa pembahasan yang dilakukan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Diantaranya mengenai pengoperasian jalan tol darurat dan pembatasan kendaraan berat melintas di jalur tol Jakarta-Cikampek.

“Kaligangsa sama Gringsing, kita bikin kayak brexit lagi. Lebih banyak lagi masukan tapi kita jaga betul. Ada rest area di Cipali yang kita harus tangani. Tadi pagi juga ketemu dengan Kapolri, ini wake up call supaya tidak terlena. Kemarin sukses agar bisa mempersiapkan lagi,” jelasnya.

“Kendaraan berat akan dibatasi (di tol Jakarta-Cikampek) ini usulannya seperti apa. Apakah akan lewat atau bagaimana. Supaya ada ruang untuk mobil penumpang,” tambahnya.

Namun demikian, pihaknya juga masih mencari solusi lain untuk menjamin arus mudik Idul Adha berjalan sesuai keinginan pemerintah. Sebab, sebagian jalan tol darurat yang digunakan pada saat Lebaran sudah dialihkan menjadi jalan permanen.

“Kebetulan jalan tol darurat yang membantu memecahkan masalah ini, kan dilanjutkan untuk jalan permanen, perlu penanganan khusus. Kalau yang ke arah Prupuk nya sekarang malahan sudah jadi operasional semua yang empat flyovernya. Kita akan kerja sama hari Senin ya sama Kemenhub, Kepolisian dan PU akan mengecek ke lapangan seperti apa,” bebernya.

[bim]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge