0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekda: Keraton Bisa Mandiri Asal Manajemen Bagus

Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistianto (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo menilai Keraton Kasunanan Surakarta seharusnya bisa membiayai dirinya sendiri. Meski demikian, Pemkot tetap mengalokasikan dana hibah untuk Keraton. Dana tersebut bisa digunakan sesuai kebutuhan terutama untuk operasional Keraton.

“Untuk gaji abdi dalem bisa saja. Tergantung proposal dari sana seperti apa,” kata Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistianto saat ditanya tentang permintaan Keraton agar pemerintah ikut menanggung gaji abdi dalem, Selasa (22/8).

Secara pribadi, Budi menilai Keraton seharusnya bisa mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa harus mengandalkan dana dari pemerintah. Berdasarkan laporan dari dinas Pariwisata, Museum Keraton Surakarta berhasil membukukan pendapatan kotor hingga Rp 120 Juta. Belum lagi pendapatan dari sumber-sumber lain yang masuk ke Keraton.

“Kalau manajemennya bagus pasti bisa,” kata dia.

Meski demikian, Budi menjelaskan bahwa Pemkot tetap mengalokasikan dana hibah Rp 400 Juta untuk Keraton Surakarta. Dana itu, kata dia, sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap peninggalan budaya.

“Bagaimana pun juga, Keraton Surakarta masih dipandang sebagai pusat Kebudayaan Jawa. Pemerintah wajib melestarikan,” kata dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Keraton Surakarta meminta pembangunan Keraton Surakarta tidak mengesampingkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalam Keraton. Mereka berharap gaji abdi dalem juga tercakup dalam pembiayaan dari Pemerintah.

“Kita harapkan tidak hanya fisik saja. Untuk gaji abdi dalem juga kita minta diperhatikan,” kata salah satu adik Raja Keraton Surakarta Pakubuwana XIII Hangabehi, GKR Koes Murtiyah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge