0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seno Bangun Gedung Server, Diklaim Mirip Pentagon

Bupati Boyolali Seno Samudro melakukan pengecekan pembangunan gedung server (foto: Nanin)

Boyolali – Kabupaten Boyolali bakal memiliki gedung server yang pertama di Indonesia. Gedung ini nantinya dibangun seperti gedung Pentagon di Virginia, Amerika Serikat. Gedung server dibangun di barat Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika.

“Gedung server ini nanti menjadi induk program Boyolali Smart City,” kata Bupati Boyolali, Seno Samudro, saat melakukan sidak ke pembangunan gedung server, Selasa (22/8).

Dijelaskan bupati, gedung server ini dibangun dengan anggaran Rp 3 milliar, untuk keamanan akan dibangun sangat kuat serta dirancang anti bencana seperti gempa bumi dan kebakaran. Selain itu akan dioperasionalkan 24 jam dan menjadi data center,

“Ini pertama kali di Indonesia,sehingga kita masih mencari undang-undangnya,mungkin nanti mengacu UU informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” jelas Bupati.

Di sisi lain, Kepala diskominfo Boyolali, Abdul Rahmn, menambahkan,keamanan akan menjadi hal yang utama. Mengingat sangat vitalnya gedung server tersebut. Gedung ini dibangun dengn back up tiga lapis dengan kekuatan beban bangunan mencapai 600 kg/m2.

“Spesifikasinya jauh lebih tinggi dibanding gedung biasa, yang hanya mampu menanggung beban 150-200 kg/m2,” ujar Abdul Rahman.

Sedangkan untuk pengamanan, menggunakan 2-3 kunci yang meliputi suplai kelistrikan, ketersediaan jaringan internet, serta monitoring. Nantinya akan digabung menjadi service level agreement (SLA) gedung server Boyolali, jaminan keamanan mencapai 99 persen.

“Yang paling utama adalah faktor keamanan,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge