0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikbud Jateng Gelar Pameran Warisan Dunia di Solo

Pameran Warisan Dunia (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Jawa Tengah menggelar Pameran Warisan Dunia di Pendapa Agung Hotel Dana Solo. Pameran berlangsung Senin (21/8) hingga Jumat (25/8).

“Pameran ini menjadi momentum bagi masyarakat untuk sarana pendidikan,” ungkap Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan Disdikbud Provinsi Jawa Tengah, Bambang Supriyono kepada wartawan, di sela-sela pameran, Selasa (22/8).

Bambang mengatakan, Pameran Warisan Budaya kali ini diikuti Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Balai Konservasi Borobudur, Museum Wayang Wonogiri, Museum Keris Tosan Aji Purworejo, Museum Batik Pekalongan. Termasuk diikuti UMKM Blangkon Solo, dan UMKM Batik Solo.

Dijelaskan, Unesco telah mengakui enam warisan budaya yang ada di Jawa Tengah sebagai warisan dunia. Keenam warisan tersebut yaitu batik, wayang, keris, situs manusia purba Sangiran, Candi Prambanan, dan Candi Borobudur.

“Dalam pameran ini juga menampilkan beragam warisan peninggalan dari Jawa Tengah,” ungkapnya.

Pihaknya berharap pameran ini mampu menginspirasi masyarakat, terutama generasi muda yang selama ini belum begitu paham mengenai cagar budaya.

“Semoga para generasi muda pengunjung pameran warian dunia ini mempunyai andil yang besar tentang melestarikan, mengembangkan dan juga untuk menyebarluaskan budaya yang ada di Jawa Tengah ini,” harapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge