0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fraksi PDIP Upayakan Usia Perangkat Desa 60 Tahun

Rapat Paripurna DPRD Sragen. (foto: Agung)

Sragen – Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal memperjuangkan usia perangkat desa hingga 60 tahun. Batasan umur itu diupayakan diatur dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perangkat Desa (Perdes) yang saat ini sedang dalam proses pembahasan.

”Kami dari Fraksi PDI Perjuangan memperjuangkan agar usia perangkat desa di Sragen bisa sampai 60 tahun sesuai perundangan yang berlaku,” kata Sekretaris Fraksi PDIP DPRD Sragen, Joko Setyawan, Senin (20/8).

Kepada wartawan Joko menyatakan, Raperda Perdes seharusnya mengacu pada UU No 6 tahun 2014 tentang Desa, yang juga mengatur usia perangkat desa maksimal hingga 60 tahun. Berdasarkan aturan lama, selama ini banyak perangkat desa yang  pensiun meski belum berumur 60 tahun.

Menurutnya, Raperda tentang Perdes ini sudah banyak dinanti oleh masyarakat desa. Pasalnya Raperda ini sudah menjalani proses pembahasan cukup lama dan sudah banyak desa menantikan hasilnya, lantaran berkaitan dengan pelayanan yang ada di desa.

Dia menambahkan, selama ini banyak jabatan perangkat desa yang kosong, terpaksa ada yang harus melakukan rangkap jabatan. Akibatnya berpengaruh terhadap kinerja, sehingga tidak bisa memberikan pelayanan yang efektif.

”Kalau sudah ada penataan bisa diketahui berapa jabatan yang lowong dan berapa yang harus diisi dan sebagainya,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge