0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemendikbud bakal Gelar Festival Gamelan di Britania Raya

Peter William Smith, Indonesianis pecinta gamelan Jawa berkebangsaan Inggris  (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Kemendikbud melalui Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan mengapresiasi sosok Indonesianis Peter William Smith. Pasalnya, pria kebangsaan Inggris itu telah menularkan instrumen gamelan Jawa ke Britania Raya.

“Peter itu Indonesianis pecinta  kebudayaan Jawa. Melalui kelompok gamelan Siswa Sukro, dia menjadi agen kebudayaan yang membawa gamelan populer di Eropa, khususnya Inggris,” kata Kasubdit Diplomasi Budaya Luar Negeri Kemendikbud, Ahmad Mahendra, kemarin.

Menurut dia, pementasan keliling gamelan Siswa Sukro ke Jakarta, Yogya, dan Solo dari 5-22 Agustus, sangat penting bagi Indonesia. Hal itu bisa menjadi bagian strategi diplomasi Indonesia lewat ranah kebudayaan agar semakin mendunia.

Mengingat fenomena tersebut, Kemendikbud bakal menggelar Festival Gamelan di London (Inggris) dan Glasgow (Skotlandia) pada 6-15 September 2017 mendatang. Festival untuk menggaungkan gamelan di kancah internasional itu menjadi bagian rangkaian penyelenggaraan festival serupa di Indonesia pada tahun depan.

“Yang tanggal 6-15 September nanti termasuk menggelar nonbar film Setan Jawa-nya Garin Nugroho. Sedangkan tahun depan kita sudah sepakat dengan Wali Kota Surakarta untuk menggelar Festival Gamelan Internasional di Solo. Akan kita garap semua potensi gamelan itu sebagai bagian diplomasi kebudayaan,” beber Achmad.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge