0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Terkena Varisela, Seorang Calhaj Gagal Berangkat

Ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Seorang jemaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang 21 Embarkasi Antara Jambi batal berangkat. Karena menderita penyakit menular berdasarkan pemeriksaan tim kesehatan di asrama haji di asrama haji provinsi itu.

“Hasil dari pemeriksaan dan menurut keterangan tim kesehatan menyatakan yang bersangkutan harus ditunda keberangkatannya karena menderita penyakit varisela yang merupakan penyakit sangat mudah menular,” kata Kabid Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Abdullah Saman di Asrama Haji Jambi, Sabtu (19/8).

Pembatalan keberangkatan tersebut berdasarkan surat Bidang Kesehatan PPIH EHA nomor 001/PPIH Bodkes/VIII tertanggal 19 Agustus 2017 tentang penundaan keberangkatan jemaah calon haji.

Jemaah haji asal Kabupaten Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi itu sedianya berangkat pada kloter kedua provinsi itu bersama jemaah haji lainnya.

“Tapi harus ditunda keberangkatannya, dan saat ini masih dalam pengawasan tim kesehatan, seandainya nanti tim kesehatan menyatakan bisa berangkat maka akan diberangkatkan pada kloter terakhir, namun bila tidak maka akan tunda keberangkatannya hingga tahun depan,” jelasnya.

Dia mengatakan, terkait dengan pergantian untuk jemaah calon haji yang batal berangkat tersebut berada pada kewenangan Embarkasi Haji Batam karena saat ini untuk di Jambi sendiri belum sepenuhnya menjadi embarkasi haji.

“Kita ini embarkasi haji antara, jadi untuk pergantian itu kewenangannya dan yang mengatur ada di Embarkasi Haji Batam,” ujarnya.

Sementara itu untuk keberangkatan jemaah calon haji yang tergabung pada kelompok terbang 21 BTH tersebut sebanyak 441 orang ditambah sembilan petugas kloter dan petugas haji daerah.

Sebelum diberangkatkan jemaah calon haji tersebut telah melalui sejumlah rangkaian pemeriksaan di Asrama Haji Jambi selama satu hari.

Setelah tiba di Batam, jemaah calon haji akan langsung diberangkatkan ke Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Minggu (20/8) dini hari pukul 00.15 WIB.

Total jemaah haji yang berangkat ke tanah suci tahun ini sebanyak 2.958 orang ditambah Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) sebanyak 19 orang dan petugas kloter 35 orang yang semuanya tergabung menjadi tujuh kloter.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge