0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inovasi Baru, Pemilu 2019 Kotak Suara Dibuat Transparan

Simulasi pemilu 2019 (merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggunakan kotak suara transparan dalam simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pilpres dan Pileg 2019 perdana di Desa Sindang Sono, Kecamatan Sindangjaya, Kabupaten Tangerang, Sabtu (19/8).

“Kami menyiapkan lima jenis kotak transparan dalam pada simulasi ini,” ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman, Sabtu (19/8).

Dia menjelaskan kotak suara tersebut keseluruhannya berbahan plastik. Transparan pada sisi depan. Ketiga sisinya pun transparan dan terdapat bahan karton kedap air pada kotak suara itu.

“Desainnya masih belum ditetapkan. Makanya kami gunakan banyak bentuk kotak suara,” ucapnya.

Arief menambahkan konsep transparan tak hanya tercermin pada kotak suara ini. Rangkaian Pemilu dari awal juga dilakukan secara transparan.

“Lebih penting lagi seluruh rangkaian mulai dari pemungutan suara, perhitungan, penetapan sampai publikasi dilakukan secara transparan bukan hanya transparan kotaknya,” beber Arief.

Menurut dia, dipilihnya Kabupaten Tangerang sebagai lokasi simulasi perdana ini karena dinilai lebih siap dalam melaksanakan pagelaran pesta demokrasi serentak yang akan dihelat pada tahun 2019 itu.

Nantinya KPU RI juga akan melakukan simulasi serupa ke beberapa daerah lainnya. Yang memiliki karakteristik berbeda dibanding Tangerang.

“Kesiapan KPUD Banten lebih baik. Makanya kami pilih wilayah Tangerang ini sebagai mitra. Nanti akan pindah tempat seperti di Kampung Nelayan dan sebagainya,” ucap dia.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge