0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Maknai Kemerdekaan, Ini yang Dilakukan Mahasiswa

Acara refleksi kemerdekaan yang dilakukan FKPI Kota Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Puluhan mahasiswa duduk melingkar beralaskan lantai. Terlihat salah satu dari mereka berdiri tegap di tengah sambil memegang mikrofon. Sementara yang lain terlihat konsentrasi mendengarkan, dan menunggu giliran untuk berorasi.

“Merdeka..Merdeka..Merdeka..,” teriak sang orator memecah keheningan, Kamis (17/8) malam.

Berlokasi dihalaman Plaza Manahan, puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan diri Forum Komunikasi Pergerakan Indonesia (FKPI) yang terdiri dari GMNI, PMII, GMKI dan Mahasiswa Katolik Kota Solo itu mencoba merefleksikan tentang arti kemerdekaan. Bagi mereka kemerdekaan bukan hanya ajang  mengenang proses kemerdekaan para pahlawan. Tapi lebih dari itu, menurutnya kaum muda harus bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan  kritik terhadap pemerintahan.

“Globalisasi dan kemajuan teknologi yang begitu pesat sekarang ini harus kita sikapi secara serius. Karena kalau hanya larut, identitas keindonesiaan kita yang menjadi korban,” kata mahasiswa lainnya.

Koordinator acara sekaligus Ketua Cabang GMNI Kota Solo, Edho Johan Pratama mengatakan, acara refleksi yang dilakukan itu merupakan salah satu bentuk kegiatan FKPI untuk memaknai kemerdekaan. Dalam acara itu tidak hanya diisi dengan orasi dan pandangan politik dari masing-masing organisasi, tapi juga ada pembacaan puisi dan akustik.

“Melalui acara ini kita ingin  merefleksikan arti kemerdekaan. Mengingat  kemerdekaan yang kita rayakan sekarang ini belum dirasakan sepenuhnya oleh semua masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Acara yang diakhiri pukul 23.00 WIB tersebut berlangsung tertib, dan ditutup dengan lagu Syukur ciptaan H Mutahar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge