0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Eks Napi Terorisme Ikuti Upacara HUT RI

Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriyadi (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Sejumlah mantan narapidana kasus terorisme (napiter) akan mengikuti upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, Kamis (17/8) di alun-alun Giri Krida Bakti Wonogiri. Setidaknya ada tiga napiter yang sudah kembali ke pangkuan merah putih.

“Ini merupakan bentuk perhatian kita, agar mereka tidak terkucilkan. Walaupun dulunya pernah bergabung dengan kelompok radikal tapi saat ini kan sudah tobat,” ungkap Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriyadi saat dikonfirmasi Timlo.net, Rabu (16/8).

Menurut Dandim, rencananya mereka akan berbaur dengan tamu undangan saat mengikuti upacara. Ketigannya merupakan mantan narapidan yang pernah terlibat kasus terorisme beberapa tahun silam. Meski demikan mereka sudah menjalani kehidupan normal di masyarkat.

“Mereka ini pernah direkrut kelompok radikal semacam JI. Bahkan salah satu dari mereka ini merupakan  pembuat bom,” kata Dandim.

Dandim melanjutkan, mereka merupakan asli putra Wonogiri dan sudah menetap di Wonogiri. Dua orang berinisial M dan DC yang kini tinggal di Kecamatan Wonogiri. Satu orang lagi berinisial EM merupakan warga  Kecamatan Pracimantoro.

”Selama ini mereka dalam pengawasan dan binaan kita. Maka kita paham benar jika mereka sudah sadar dan kembali ke jalan yang benar. Pada intinya, kita ingin mereka ini dapat diterima dan dapat kembali diterima dimasyarakat tanpa ada rasa dibeda- bedakan,” jelasnya.

Dia menambahkan, kehadiran mereka dalam upacara ini bukanlah hal yang sangat istimewa. Hal ini sebagai bentuk atau upaya program deradikalisasi teroris. Karena selama ini TNI secara langsung ikut berperan dalam program tersebut.

“Walaupun tidak ada intruksi dari pimpinan, tapi kita ingin para eks napiter ini diakui keberadaannya dan tidak lagi dikucilkan. Wong dia sudah kembali mengakui Pancasila dan NKRI,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge