0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Militer AS Ciptakan Serbuk Untuk Recharge Perangkat

Serbuk alumunium. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Perangkat kita tidak diragukan lagi menyelesaikan banyak masalah dalam hidup kita. Tapi perangkat seperti smartphone dan tablet juga menciptakan masalah baru. Salah satunya adalah kebergantungan kita pada perangkat-perangkat ini. Kita merasa tidak nyaman jika kita kehabisan baterai. Tapi Amerika Serikat (AS) sepertinya menemukan solusinya.

Biasanya ada beberapa solusi yang digunakan untuk mengisi baterai jika kita tidak bisa mengakses listrik. Misalnya power bank dan pengisi baterai tenaga surya. Tapi keduanya berat dan besar. baru-baru militer AS ingin menggunakan pengganti lain berupa serbuk. Serbuk berbasis alumunium itu saat dicampur dengan air bisa menghasilkan energi yang cukup besar untuk mentenagai tank yang dikendalikan dengan remote.

Penemuan serbuk ini terjadi secara tidak sengaja. Saat itu para peneliti mencampur sebuah serbuk berbasis nanogalvanic aluminum dengan air. Mereka melihat jika air itu menghasilkan gelembung. Saat diamati lebih jauh, gelembung itu adalah hasil dari hydrolysis. Untuk alumunium menghasilkan hydrolysis, logam itu memerlukan katalis berupa panas, zat asam, listrik dan zat kimia lainnya.

“Dalam kasus kami, tidak dibutuhkan sebuah katalis. Juga, hal itu berlangsung sangat cepat. Sebagai contohnya, kami menghitung jika satu kilogram serbuk alumunium bisa memproduksi 220 kilowat energi dalam tiga menit. Jumlah energi itu sangat besar untuk mengisi peralatan listrik apapun. Proses ini adalah yang tercepat yang diketahui tanpa menggunakan katalis seperti zat asam, suhu dasar atau yang dinaikkan,” ujar Anit Giri, salah seorang ahli fisika dalam tim peneliti. Untuk saat ini penemuan itu belum bisa digunakan secara praktis. Para peneliti masih berusaha menemukan penggunaan lain dari serbuk itu.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge