0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelangkaan Gas Subsidi, Satgas Pangan Sebar Personel

Kasatreskrim Polresta Solo Kompol Agus Puryadi (dok.timlonet/achmad khalik)

Solo – Satgas Pangan Polresta Solo bakal menindak tegas pelaku yang memanfaatkan kelangkaan tabung gas subsidi untuk kepentingan pribadi. Saat ini, pihak Polresta sedang bersiaga dengan menyebarkan personel untuk memantau stok pasokan tabung gas 3 kilogram aman di Kota Solo.

“Sejauh ini belum ada laporan kelangkaan gas di Kota Solo. Sebenarnya stok masih aman, tapi kami terus bersiaga mengingat kawasan lain mengalami kelangkaan. Tidak menutup kemungkinan, situasi seperti itu akan dimanfaatkan pihak-pihak tertentu untuk mendapat keuntungan,” terang Kasatgas Tindak Satgas Pangan Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi kepada Timlo.net, Minggu (13/8) siang.

Modus yang digunakan oleh pelaku hingga mengakibatkan kelangkaan gas biasanya dengan memindahkan isi tabung gas subsidi 3 kilogram kedalam tabung non subsidi isi 12 kilogram. Hasilnya, pelaku dengan modal sekitar Rp 60 Ribu -Rp 75 Ribu mampu menjual Rp 128 Ribu – Rp 135 Ribuan lebih.

“Pelaku membeli sekitar 4-5tabung gas ukuran 3 kilogram dan diisikan kedalam tabung gas 12 kilogram. Hasilnya tentu bisa ditebak, keuntungan 100 persen,” terang Agus yang juga menjabat sebagai Kasatreskrim Polresta Solo tersebut.Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagyo mengatakan, kelangkaan tabung gas di Kota Solo sebetulnya belum terlalu parah. Namun, perlu dilakukan langkah antisipasi agar kelangkaan tidak sampai terjadi. Ia menduga, ada beberapa dist Ribusi tabung gas yang merembes ke luar daerah di Solo khususnya kawasan perbatasan.

“Kalau di Kota Solo sebenarnya belum terlalu parah. Kami menduga, justru stok tabung gas subsidi ini merembes ke luar Kota Solo,” terangnya singkat.

Isu kelangkaan gas subsidi di Kota Solo ini juga mendapat perhatian dari Pertamina Operation Region IV Jawa Tengah dan  Daerah Istimewa Yogjakarta yang langsung melakukan operasi pasar elpiji ukuran 3 kilogram di Solo pada Sabtu (12/8) kemarin. Sejumlah kawasan seperti Kelurahan Sangkrah, Semanggi, Gandekan, Sudiroprajan, Mojosongo, Kestalan, Jebres, Karangasem, Pajang dan 2 lokasi di Kelurahan Jajar mendapatkan alokasi 560 tabung.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge