0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar e-Commerce Diprediksi Mencapai USD 130 Miliar di 2020

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Pertumbuhan bisnis online diklaim cukup pesat tahun ini. Bisnis jual beli online ini menjadi salah satu pendorong dalam mengurangi pengangguran di Tanah Air.

“Memang kami mendapat kenaikan, kami mengalami pertumbuhan, tentu dari penjualan yang tadinya offline jadi dijual online, karena mereka yang membuka toko di kami mempunyai toko offline,” kata Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia (IDEA) Aulia E Marinto di Jakarta, Sabtu (12/8).

Menurut Aulia, pasar e-commerce di Indonesia diperkirakan akan meningkat di 2020. Bahkan, nilainya bisa menembus USD 130 miliar atau setara Rp 1.737,1 triliun.

“Pasar e-commerce Indonesia diperkirakan mencapai USD 130 miliar di 2020. Untuk potensi USD 200 miliar di Asia,” ungkapnya.

IDEA pun mengajak kerja sama Badan Pusat Statistik (BPS) untuk kedepannya dalam menghimpun data e-commerce yang lebih akurat. Sebab, transaksi e-commerce tahun ini diperkirakan tumbuh sebesar 30 sampai 50 persen dibanding 2014.

“Ada e-commerce formal dan non formal. Untuk non formal itu seperti sosial media. Kita harus menyadari sebagian masyarakat membuat gebrakan untuk menjadi daya beli. Jadi kita harus kerja sama dengan pemerintah dengan pondasi yaitu data. Rabu depan kita adakan press conference ya ditunggu saja,” tegasnya.

Kepala BPS Suhariyanto juga langsung menyambut baik ajakan tersebut. Dia pun mengaku perkembangan bisnis jual beli online Tanah Air tengah tumbuh cukup pesat.

“Iya nanti BPS akan bekerja sama dengan IDEA juga dengan para stakeholder lainnya. Karena sekarang orang-orang sudah pakai online untuk kehidupan sehari-hari, kita perlu tahu perkembangannya,” kata Suhariyanto.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge