0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Megawati Sulit Temukan Dokumen Asli Pidato Soekarno

Megawati Soekarnoputri (merdeka.com)

Timlo.net – Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Megawati Soekarnoputri mengaku kesulitan menemukan dokumen otentik pidato-pidato Presiden RI pertama, Soekarno. Dia menduga, dokumen pidato tersebut sengaja dihilangkan oleh pihak tertentu.

“Saya kira itu (pidato-pidato Soekarno) disembunyikan atau didestroyer,” ucap Mega dalam acara Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (12/8).

Tak hanya pidato pertama Presiden Soekarno, menurut Megawati, dokumen sejumlah peristiwa penting di tanah air pun sulit ditemukan. Padahal, dokumen itu menjadi bukti sejarah pada masa lalu.

“Itulah ironisnya sejarah bangsa kita karena kalau kemarin kita ingat Pak Tio yang membuat film saya katakan menjadi sangat trauma karena di Indonesia ini begitu banyak terjadi peristiwa-peristiwa yang sangat kontroversial,” ujarnya.

Mega menambahkan, jika dokumen tersebut ada maka jiwa Pancasilais generasi masa kini dan masa mendatang semakin kuat. Namun demikian, dia tetap mengajak pemuda bangsa untuk terus belajar sejarah.

“Sejarah itu harus kita ingat, karena itu sebetulnya adalah suatu proses kehidupan manusia, terserah mau di mana kita melihatnya apakah seperti kalau adik-adik ingat semalam Pak Yudi menerangkan dengan baik datangnya ras itu dari mana, itu masuk di dalam sebuah sejarah proses manusia yang lalu dikategorikan sebagai ras ini, ras itu dan sebagainya,” jelasnya.

“Bung Karno mengatakan bahwa salah satu pelajaran sebenarnya yang harus dilakukan oleh mahasiswa adalah ilmu geopolitik. Saya tidak akan berpanjang lebar tetapi itu pun merupakan nantinya jejak-jejak sejarah yang akan menjadi jejak sejarah bangsa kita,” tuntas dia.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge