0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudetan Drainase di Slamet Riyadi Segera Dikerjakan

Solo – Galian drainase yang melintang di Jalan Slamet Riyadi segera dikerjakan paling lambat September mendatang. Untuk meminimalisir dampak galian terhadap lalu lintas, Dinas Pekerjaan Umum berencana membagi pekerjaan tersebut dalam tiga segmen sesuai jumlah lajur di jalan tersebut.

“Kita bagi tiga segmen supaya saat pengerjaan, masih ada dua lajur yang bisa dilewati,” kata Kepala Bidang Sumbar Daya Air dan Drainase, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo, Arif Nurhadi, Sabtu (12/8).

Pekerjaan galian itu sendiri merupakan bagian dari proyek normalisasi drainase di Jalan Slamet Riyadi yang sudah dimulai sejak awal Agustus ini. Saat ini, pekerjaan masih difokuskan pada pengerukan sedimen saluran di Barat Jalan Dr Supomo dan utara Slamet Riyadi.

“Nanti setelah sedimen kita bersihkan semua, baru kita kerjakan galian yang melintas di Slamet Riyadi,” kata dia.

Saluran yang melintas bawah tanah Jalan Slamet Riyadi dan Jalur Kereta Api itu ditujukan untuk melancarkan aliran air. Selama ini, saluran dari Jalan Dr Supomo berbelok ke Barat di jalur lambat Slamet Riyadi, lalu berbelok lagi ke Jalan Bhayangkara.

Saluran yang berkelok ini diyakini menjadi biang keladi terjadinya genangan di kawasan Sriwedari selama ini.

Untuk melancarkan aliran air, DPUPR akan membuat saluran tembus sehingga Saluran dari Jalan Dr Supomo bisa langsung menuju saluran air di bawah city walk, mengalir menuju saluran di Jalan Gatot Subroto. Dua saluran tersebut baru saja rampung direvitalisasi Pemkot.

“Nanti kalau sudah ada sudetan itu, apalagi sedimen-sedimen kita keruk, tidak akan ada lagi genangan di sana,” kata Arif yakin.

Sementara itu, Kepala DPUPR, Endah Sitaresmi membenarkan pekerjaan saluran di kawasan Sriwedari sudah dimulai sejak awal Agustus. Bahkan saat ini, pihaknya sudah mengantongi surat rekomendasi dari PT KAI untuk membuat saluran di bawah jalur kereta.

“Sudah koordinasi sejak dulu. Begitu suratnya (dari KAI) keluar, kita langsung lelang. Ini sudah dikerjakan,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge