0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasar Gading Dinobatkan Sebagai Pasar Tradisional dengan Pengelolaan Terbaik

Solo – Pasar Gading menduduki peringkat pertama pasar tradisional dengan pengelolaan terbaik se-Jawa Tengah versi Pemerintah Provinsi. Pasar tersebut menyabet gelar tingkat provinsi itu dengan mengusung tema rerajut ati. Penghargaan rencananya diserahkan secara resmi kepada Pemkot di Semarang Selasa (15/8) mendatang.

“Penilaiannya sudah lama. Sosialisasi pertama sekitar satu tahun yang lalu,” kata Kepala Dinas Perdagangan Solo, Subagyo, Sabtu (12/8).

Penghargaan, menurut Subagyo, diberikan kepada Pemkot Solo karena Pemkot dinilai berhasil melibatkan pedagang pasar mengusung motto Rerajut Ati. Motto tersebut dimaknai sebagai Resik (bersih), ramah, jujur, aman, dan simpati. Para pedagang didorong untuk menjalankan nilai-nilai tersebut selama berjualan.

“Intinya, pembeli berbelanja di pasar itu merasa familiar,” kata dia.

Penilaian kompetisi tingkat provinsi ini sendiri sudah dimulai sekitar satu tahun. Pemkot Solo menerima surat undangan untuk mengikuti lomba dari Pemprov. Pemkot pun merespon dengan mengirim materi yang diperlukan untuk mengikuti kompetisi. Pada penilaian di lapangan tahap pertama, Pasar Gading berhasil lolos 10 besar.

“Setelah itu ada kunjungan lagi, dan Alhamdulillah kita dapat posisi pertama,” kata dia.

Pasar Gading sendiri sudah beberapa kali mengikuti kompetisi pengelolaan pasar tradisional. Tahun 2010 lalu, Pasar Gading menempati posisi ketiga. Setelah itu, selama enam tahun berturut-turut, Pasar itu puasa gelar.

“Dari hasil kompetisi tahun 2010 itu, kita belajar di mana yang kurang dan selama enam tahun ini kita perbaiki,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge