0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Solo Gelar Latihan Kedaruratan bagi Penyandang Disabilitas

PMI Solo menggelar latihan kedaruratan bagi penyandang disabilitas (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo menggelar pelatihan penanganan gawat darurat bagi penyandang disabilitas, Sabtu (12/8). Pelatihan ini digelar satu kali dalam sepekan, yang menghadirkan penyandang disabilitas yang berbeda setiap pekannya.

“Pekan ini kita adakan bagi penyandang tuna rungu, sedangkan pekan kemaren bagi teman-teman penyandang tuna netra, dan minggu depan bagi penyandang tuna daksa.” ungkap Kepala Bagian Penanggulangan Bencana PMI Cabang Solo, dr Arina Hidayati.

Dikatakan, pelatihan yang diikuti oleh 20 orang perserta penyandang tuna rungu tersebut diharapkan mampu mendidik mereka menjadi awam khusus. Awam khusus merupakan sebutan bagi tenaga non medis yang dibekali dengan pengetahuan penanggulangan kedaruratan.

“Dalam penanggulangan kebencanaan kita biasanya lebih menyasar pada orang dengan kondisi normal saja. Padahal banyak juga teman-teman dengan kondisi khusus seperti peserta ini. Nah dari peserta ini lan nantinya kita harapkan bisa membantu PMI dalam menangani kebencanaan bagi para penyandang disabilitas.” terang dia.

PMI pusat secara kelembagaan, dikatakan Arina, memang sedang giat mencanangkan diri bagi disability inclusion. Gaungnya ditangkap PMI Cabang Solo dengan mengadakan pelatihan bagi penyandang disabilitas.

Pelatihan kedaruratan seperti penanganan henti jantung, tersedak, henti nafas, pingsan dan patah tulang menjadi materi yang diajarkan pada peserta. Berdasarkan pengamatan dari timlonet para peserta terlihat antusias dan aktif dalam bertanya kepada fasilitator materi.

“Dengan begitu, teman-teman difable yang memiliki jiwa kemanusiaan bisa bergabung dengan relawan PMI untuk bisa berorganisasi dan membantu sesama.” pungkas Arina.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge