0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

GWO Sriwedari bakal Disulap Jadi Museum Wayang

Pertunjukan Wayang Orang Sriwedari (timlo.net/heru gembul)

Solo — Bangunan Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari dibidik Pemerintah Kota Solo untuk dijadikan Museum Wayang. Hal ini akan semakin mengukuhkan Kota Solo sebagai kota budaya, usai peresmian Museum Wayang pada Rabu (9/8) kemarin.

“Presiden setuju kok. Kemarin saat meninjau Museum Keris, saya sampaikan tentang Museum Wayang ini ke Pak Presiden,”papar Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Sabtu (12/8), di sela-sela kegiatan Kelas Inspirasi.

Keinginan Pemkot yang sejalan dengan keinginan Presiden tersebut, membuat Pemkot akan segera menyusun Detail Engineering Design (DED). Renacana itu akan disesuaikan dengan tahapan pemindahan Gedung Wayang Orang Sriwedari.

“Kan Gedung Wayang Orang sudah akan dipindahkan, kita memang berencana seperti itu. Nah gedung yang lama ini bisa dimanfaatkan untuk Museum Wayang.” papar dia.

Mengenai kepastian pembangunan museum wayang, Walikota Solo belum bisa memastikan pengajuannya. Rencananya gedung GWO lama akan dirobohkan, dan dibangun ulang untuk dijadikan Museum Wayang.

“Belun tahu, mungkin pas walikotanya saya, atau mungkin walikota selanjutnya,” kata dia.

Penataan kawasan Sriwedari sendiri akan segera dilakukan pemerintah kota. Penataan tersebut akan memberikan porsi yang lebih banyak bagi ruang terbuka hijau. Hal ini sesuai keinginan pemerintah kota untuk menjadikan kawasan Sriwedari sebagai paru-paru kota.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo Endah Sitaresmi mengatakan pembangunan kawasan Sriwedari akan dimulai pada tahun depan.

“Pengerjaannya tahun depan. Anggaran penyusunan DED diajukan Pemkot dalam APBD Perubahan (APBD-P) tahun ini,” kata Endah Sitaresmi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge