0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelas Inspirasi, Walikota Solo Ajarkan Filosofi Padi

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengajar di Kelas Inspirasi SD Negeri Kemasan 2, Kelurahan Kratonan, Kecamatan Laweyan (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengajarkan filosofi padi kepada puluhan siswa-siswi SD di Kelas Inspirasi SD Negeri Kemasan 2, Kelurahan Kratonan, Kecamatan Laweyan. Kelas Inspirasi diinisiasi oleh Solo Mengajar dan dilaksanakan di tiga kota dan kabupaten. Kota Solo sendiri ada 10 titik lokasi Kelas Inspirasi yang tersebar di beberapa kelurahan.

“Padi ini kan seumur hidupnya penuh berlumpur, namun siapa diantara kita yang tidak membutuhkan padi dan nasi? Nah inilah yang harus kita pahami bahwa yang namanya pahlawan tidak hanya melakukan hal yang besar, tetapi hal yang kecil dan berguna dagi orang banyak.” terang pria yang akrab disapa Rudy tersebut, Sabtu (12/8).

Anak-anak yang merupakan gabungan dari kelas tiga, kelas empat, dan kelas lima tersebut tampak bersemangat dalam mengikuti kelas yang dibawakan oleh Walikota. Mereka diajak untuk bernyanyi lagu-lagu nasional dan lagu daerah.

Walikota juga mengajak siswa untuk bersikap lembut hati dan rendah hati. Hal ini ditunjukkan dengan sikap mau meminta maaf dan mau memaafkan sesama teman. Kebiasaan yang baik ini, menurut Rudy patut untuk ditularkan sejak kecil.

“Meminta maaf itu bukanlah hal yang hina, demikian juga memberikan maaf itu bukan hal yang membuat kita sombong, jadi mari kita biasakan melakukan hal yang baik ini dalam pergaulan sesama teman baik di sekolah maupun di rumah.” terangnya.

Sementara salah seorang siswa, Wahyu Rama mengatakan, dirinya senang bisa mendapatkan pengalaman bertemu langsung dengan Walikota. Siswa kelas 3 ini juga mengatakan akan lebih giat belajar setelah mendapatkan motivasi dari Walikota.

“Senang, saya bisa lebih giat belajar, seperti pesan Pak Rudy,” katanya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge