0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Kambing Mati Diserang Anjing Hutan, Warga Resah

kambing (Dok: Timlo.net/ NDTV.)

Timlo.net – Serangan anjing liar yang memakan hewan ternak di Gunungkidul diprediksi akan terus bertambah seiring musim kemarau. Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul memperkirakan musim kemarau yang masih akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan akan meningkatkan jumlah serangan anjing liar.

Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Suseno Budi menyampaikan bahwa pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai serangan anjing liar di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus yang terjadi beberapa hari terakhir. Akibat serangan anjing liar ini, lima hewan ternak yaitu kambing milik warga mati.

“Informasi yang masuk baru ada 11 ekor kambing di Tanjungsari mati karena serangan anjing hutan. Itu sekitar dua minggu yang lalu. Jadi kalau ditambah yang terjadi di Tepus jadi 16 ekor,” papar Suseno.

Suseno menduga serangan anjing liar ini terjadi karena cadangan makanan di alam liar semakin berkurang karena kemarau. Selain itu, kebiasaan warga yang memelihara hewan ternak jauh dari pemukiman menyebabkan pengawasan berkurang dan anjing liar bisa leluasa menyerang.

“Setiap tahun utamanya pada musim kemarau serangan anjing liar selalu terjadi. Biasanya yang menjadi sasaran adalah daerah pesisir,” urai Suseno.

Suseno menyarankan kepada para warga di daerah pesisir dan yang berdekatan dengan lokasi anjing liar agar memindahkan lokasi hewan ternaknya. Hewan ternak, lanjut Suseno, dipindahkan kandangnya ke sekitar pemukiman warga saja.

Terpisah, Kepala Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Sucipto menjabarkan bahwa serangan anjing liar terjadi di wilayahnya dan menyebabkan lima hewan ternak milik warga mati. Hewan ternak mati dalam kondisi mengenaskan.

“Hewan ternak mati tidak dimakan habis. Tetapi hanya diisap darahnya atau hanya dimakan di bagian leher. Kadang ada juga yang hanya dimakan jerohannya saja,” tutur Sucipto.

[eko]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge