0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tingkat Kepatuhan Rendah, DJP Masifkan Upaya Sosialisasi

Penyelengaraan Pajak Bertutur (foto: Setyo)

Solo – Kantor wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II masifkan upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya tertib pajak. Hal itu dilakukan karena hingga saat ini tingkat kepatuhan pajak yang dilakukan masyarakat dianggap masih rendah.

“Memang kalau untuk tingkat kepatuhan pajak dari masyarakat sekarang ini belum bisa dibilang baik,” ujar Kepala Kanwil DJP Jateng II, Rida Handanu kepada wartawan, Jumat (11/8).

Hal itu dibuktikan dia dari jumlah wajib pajak yang terdaftar, dimana hingga saat ini yang dianggap patuh atau tertib melakukan pelaporan dan pembayaran pajak masih cukup minim.

Dari data yang tercatat di Kanwil DJP Jateng II, pada periode Januari hingga Agustus 2017 ada sekitar 1.518.742 wajib pajak terdaftar. Sementara dari total itu, mereka yang patuh atau melakukan pembayaran pajak baru ada sekitar 110.406 wajib pajak.

“Oleh karena itu edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terus kita lakukan. Apalagi kondisi saat ini pajak yang bersumber dari SDA terus berkurang atau tidak seperti dulu, sehingga kontribusi pajak dari masyarakat menjadi sangat penting,” jelasnya.

Sementara itu terkait dengan realisasi penerimaan pajak hingga Agustus ini, Rida menyampaikan baru tercapai 44,3 persen atau sekitar Rp 4 Triliun. Padahal tahun ini target penerimaan pajak yang dicanangkannya sekitar Rp 11 Triliun. Untuk dapat mengejar ketertinggalan itu, pihaknya berharap ada sinergisitas antara semua pihak. Baik dari pemerintah, masyarakat dan para pelaku usaha.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge