0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alasan Kenapa Kemasan Keripik Kentang Kosong Sebagian?

Kemasan keripik kentang. (Dok: Timlo.net/ rd.com )

Timlo.net—Setiap kali kita membeli keripik kentang dan membuka kemasannya, kita kecewa. Hal ini karena ternyata isinya tidak penuh.  Ada bagian yang kosong. Kita berpikir jika seharusnya jumlah keripik kentang dalam kemasan harusnya penuh. Atau paling tidak hingga 80 persen dari kemasan. Tapi ternyata ada alasan ilmiah kenapa kemasan keripik kentang dibiarkan berisi udara. Udara itu berfungsi sebagai pengisi dan pengawet, tulis Mental Floss.

Udara yang mengisi ruang kosong itu disebut “slack fill”. Ruang kosong berisi udara itu dimaksudkan supaya kentang tidak saling menindih selama berada dalam pengiriman. Jika kemasan keripik kentang penuh atau tidak berisi udara, maka kemasan itu akan gampang rusak. Keripik kentang di dalamnya akan mudah hancur.

Kemasan keripik kentang yang kosong itu tidak berisi oksigen atau udara lainnya. Isinya adalah nitrogen. Nitrogen membuat keripik tetap renyah dan segar. Sementara oksigen justru membuat kentang lebih mudah basi. Jika konsep “slack fill” ini tidak berlaku untuk kemasan model lain. Misalnya Pringles biasanya dikemas dalam wadah berbentuk tabung. Oleh karena itu, tidak perlu ada “slack fill” karena tabung itu tidak gampang rusak.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge