0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Gelar Konferensi Internasional Pertanian Berkelanjutan

Konferensi Internasional Pertanian Berkelanjutan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS), Selcuk University Turkey dan Warsawa University of Life Science Polandia berkolaborasi menggelar Konferensi Internasional Lingkungan Hidup dan Pertanian Berkelanjutan. Konferensi Internasional ini berlangsung selama dua hari (10 – 11/8), di Solo.

Prof Mithat Direk dari Selcuk Unversity Turkey selaku steering committee mengungkapkan, konferensi ini memiliki upaya untuk mengidentifikasi gagasan, praktik dan kebijakan yang membentuk konsep pertanian berkelanjutan.

“Kami melakukan kegiatan ini karena dua alas an, pertama, mengklarifikasi agenda penelitian dan prioritas tujuan kami, dan kedua menyarankan kepada langkah-langkah praktis lain yang mungkin sesuai bagi mereka dalam bergerak menuju pertanian berkelanjutan. Karena konsep pertanian berkelanjutan masih terus berkembang dan kami bermaksud menerbitkannya bukan sebagai pernyataan definitif atau final, namun sebagai undangan untuk melanjutkan dialog kita,” jelasnya, di sela-sela acara, Jumat (11/8).

Menurut Mithat, kebijakan baru diperlukan untuk secara simultan mempromosikan kesehatan lingkungan, profitabilitas ekonomi, dan keadilan sosial dan ekonomi. Misalnya, program dukungan komoditas dan harga dapat direstrukturisasi untuk memungkinkan petani menyadari manfaat penuh dari keuntungan produktivitas yang dimungkinkan melalui praktik alternatif.

“Kebijakan penelitian universitas pemerintah dan hibah tanah dapat dimodifikasi untuk menekankan pengembangan alternatif berkelanjutan,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian Kementerian Pertanian Dr Abdul Basit sebagai pembicara kunci mengemukakn, upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah RI terkait dengan upaya strategi pertanian berkelanjutan di Indonesia.

Konferensi dihadiri Prof Sarken Ates dari Dept of Animal Rageland Sciences, Oregon State University USA, dengan presentasinya yang bertajuk “Sustainable Development of Smallholder Crop-Livestok Farming in Developing Countries”; serta perwakilan dari Turkey dengan mengangkat topik “Investing into Turkey : Agricultural Outlook Investment Environment & Opportunities”.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge