0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishub Klaten Data Ojek Pangkalan, Ini Tujuannya

Pangkalan ojek (dok.timlo.net/gg)
Klaten — Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten menginventarisir belasan pangkalan ojek di sepanjang Jalan Yogya- Solo di wilayah Klaten. Pendataan itu dilakukan sebagai bahan pengambilan kebijakan masuknya ojek berbasis aplikasi online.
“Ini pendataan tahap pertama dengan menginventarisir pangkalan-pangkalan ojek yang ada di jalur utama Jalan Yogya- Solo, mulai dari Tegalgondo hingga Prambanan, termasuk di jalan By Pass,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Klaten, Joko Suwanto, Jumat (11/8).
Dari pendataan itu, Dishub Klaten mencatat, sebanyak 19 pangkalan menjadi pusat berkumpulnya para pengendara ojek. Dari jumlah pangkalan itu, terdapat 252 pengendara ojek konvensional yang masih aktif melayani dari total 362 pengendara.
Selain sebagai bahan pengambilan kebijakan, menurut Joko, pendataan dilakukan untuk memetakan potensi kerawanan pasca masuknya ojek berbasis aplikasi online di Klaten. Hal itu sebagai antisipasi terjadinya gesekan. Sebab, hingga saat ini tidak ada aturan khusus yang mengatur jasa angkutan motor.
“Kami berkaca pada kondisi di Yogyakarta dan Solo. Maka kami petakan dulu ada berapa banyak jumlah pengendara dan ojek pangkalan di Klaten. Nantinya pengendara ojek online juga akan kita data,” beber Joko.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge