0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mozilla Umumkan Prakarsa Mereka Lawan Berita Palsu

Firefox. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Berita palsu menjadi masalah besar karena beberapa orang menyebarnya tanpa berusaha mengecek kebenarannya. Karena penyebarannya yang cepat, dalam beberapa kasus berita palsu menimbulkan kepanikan dan kehebohan yang bisa dihindari dengan mudah. Beberapa perusahaan seperti Facebook dan Google berusaha mengatasi masalah ini. Sekarang Mozilla ingin membantu juga.

Perusahaan dibalik browser Firefox itu mengumumkan sebuah prakarasa baru yang disebut dengan the Mozilla Information Trust Initiative. Akan tetapi, prakarsa ini tidak berusaha menciptakan alat untuk memberantas berita palsu atau berita hoax. Prakarsa itu adalah upaya Mozilla menyatukan perusahaan dan kelompok untuk memahami masalah berita palsu. Kemudian bersama-sama, mereka membuat solusi untuk mengatasinya.

Kepala Inovasi Mozilla, Katharina Borchert berkata, “Kami percaya jika memiliki lebih banyak mata dan otak pada sesuatu biasanya membuatnya lebih baik. Tapi jika kita tidak berusaha mengurangi beban mental pada orang-orang yang terus kuatir jika informasi bisa dipercaya, maka hal itu mengurangi nilai open web untuk siapapun yang berpartisipasi dan menghasilkan banyak masalah.”

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge