0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Calon Prajurit TNI AU Digembleng

Caprasis Semata TNI AU Angkatan ke-73 dari Skadron Pendidikan (Skadik) 404 Lanud Soemarmo menjalani latihan militer (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Calon prajurit siswa Sekolah Pertama Tamtama (Caprasis Semata) TNI AU Angkatan ke-73 dari Skadron Pendidikan (Skadik) 404 Lanud Soemarmo menjalani gemblengan lberupa atihan ketat untuk membentuk prajurit tangguh dan handal. Rangkaian latihan yang dijalani mulai dari fisik, mental hingga ketrampilan.

“Latihan dasar termasuk fisik dan metal merupakan bekal bagi prajurit militer TNI AU untuk mengemban tugas ke depan,” terang Danskadik 404, Letkol Nav Ali Sudirman Pasaribu, Jumat (11/8).

Untuk saat ini, kata Danskadik, Caprasis Semata menjalani latihan dasar halang rintang yang merupakan salah satu latihan militer bagi calon prajurit TNI AU. Dengan menggunakan perlengkapan senjata, mereka melewati berbagai macam rintangan yang harus diselesaikan oleh calon prajurit siswa dengan waktu yang telah ditentukan.

“Sebelum praktek di lapangan para siswa telah dibekali teori dikelas, dan sekarang tinggal mengaplikasikan di lapangan, tentunya dalam bimbingan dan pengawasan pelatih, dangan tetap mengutamakan safety, baik personil maupun materiil,” ujar Danskadik.

Danskadik 404 juga mengatakan halang rintang dapat menambah semangat juang bagi calon prajurit, melatih kekompakan dan ketelitian, serta melatih sporifitas dan jiwa korsa dengan sesama prajurit. Materi halang rintang ini juga salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh Caprasis, guna melatih kemampuan dalam mengatasi rintangan, nantinya setelah menjadi prajurit dan bertugas dimedan tempur.

Pendidikan dasar militer Caprasis tamtama TNI AU Angkatan ke-73 ini, dilaksanakan selama lima bulan di Skadik 404. Ada 914 jam pelajaran (JP) yang harus ditempuh Caprasis selama pendidikan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge