0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

STIE AUB Solo Siap Sosialisasikan Sikencur

Ketua STIE AUB Surakarta, Agus Utomo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa (STIE AUB) Surakarta, Agus Utomo menyatakan, pihaknya  siap menyosialisasikan Sikencur atau Sistem Kendali Kecurangan (Sikencur). Sikencur diterapkan terutama di birokrasi, hal itu demi optimalisasi dan efisisensi anggaran.

“Sebagai institusi pendidikan, kami merasa terpanggil untuk ikut menyosialisasikan Sikencur untuk reformasi birokrasi dalam rangka good and clean governance,” jelas Agus Utomo kepada wartawan, diruang kerjanya, Kamis (10/8).

Agus mengatakan, Sikencur merupakan sistem kontrol yang sedang gencar diperkenalkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI)  untuk menghasilkan pelaksanaan penyelenggaraan  tata pemerintahan dan pengelolaan anggaran yang akuntabel.

Menurut Agus, hingga saat ini praktik korupsi, kolusi  dan nepotisme masih menjadi bagian dari pengelolaan anggaran maupun pelayanan publik di kalangan birokrasi. Karena itu, Sikencur merupakan rangkaian program kegiatan yang secara komprehensif dirancang dan dilaksanakan oleh pimpinan instansi untuk mendengar, mendeteksi, dan menindak segala kecurangan.

Sosialisasi program Sikencur itu, menurut Agus, dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya menggelar seminar nasional bertema Sikencur Menata Birokrasi Bebas Korupsi yang akan menampilkan Irjen Kementerian Perhubungan Kuntadi, di Solo, Sabtu (12/8) mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge