0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Galeri Seni Lukis Dusun Serut Dimaknai Semangat Kebersamaan

Lukisan tiga dimensi kolam ikan di jalan Dusun Serut, Ngringo, Jaten (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Warga Dusun Serut, Desa Ngringo, Jaten berharap kebersamaan dan rasa memiliki lingkungannya menginspirasi masyarakat di berbagai lingkup sosial. Semangatnya memoles wajah kampung jelang perayaan tujuhbelasan betul-betul murni dari kesadaran pribadi.

“Semuanya ikut berpartisipasi. Seakan tidak ada paksaan. Warna aneka ragam dalam potret lukisan jalan diibaratkan kebhinekaan itu sendiri. Berbeda namun saling menguatkan,” kata sesepuh Dusun Serut, Sunarso kepada Timlo.net, Kamis (10/8).

Jalanan kampungnya kini terlihat manis dengan lukisan dua dimensi dan tiga dimensi bertema bebas. Mulai sekadar blok-blok warna, karakter kartun sampai grafis imajinatif. Tanpa perlu dikomando, para pemuda kampung bekerja bakti membersihkan jalan agar lukisannya dapat dinikmati tanpa ternoda sampah. Begitu pula saat mereka melukisnya secara bersama-sama. Penerangan jalan juga dicukupkan supaya gambaran di jalan cor beton bisa terlihat.

“Tidak ada target tertentu. Juga bukan karena ada lomba dekorasi kampung jelang tujuhbelasan. Kami sudah terpuaskan hanya dengan melihat kampungnya jadi indah,” kata salah seorang warga, Agus Sukoco.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge