0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Viral di Dunia Maya, Lukisan 3D Jalan Dusun Serut Memukau

Lukisan tiga dimensi di jalan Dusun Serut, Ngringo, Jaten ( timlo.net/raymond)

Karanganyar — Siapa menyangka kreativitas para pemuda Dusun Serut, Desa Ngringo, Jaten mendadak viral di dunia maya. Dari semula sekadar iseng, jalan kampung dari semula polos dipoles menjadi galeri seni lukisan tiga dimensi. Unggahannya ke sosial mediapun diapresiasi publik.

Timlo.net berkesempatan melihat lebih dekat kreasi para seniman ‘dadakan’ itu, Kamis (10/8) pagi. Di tiga ruas jalan kampung masing-masing berukuran panjang 150 meter dan lebar tiga meter itu, nyaris tanpa jeda lukisan.  Spot-spot bidang cor beton dikreasi sesuai selera.

Kedatangan Timlo.net disambut hangat para warga. Mereka dengan senang hati menunjukkan lukisan paling anyar yang baru saja kering. Sebuah kolam ikan koi dari goresan cat dinding berwarna cerah. Gambar seekor ikan koi sedang  berenang di sebidang kolam.

Di atasnya, sang pelukis, warga Rt 06/Rw XII Agus Sukoco berakting menangkap ikan itu. Perpaduannya seakan nyata di latar bidang gambar tiga dimensi.

“Baru selesai dilukis semalam. Lukisan tiga dimensi ini yang paling baru. Masih ada beberapa bidang jalan lagi akan dilukis,” kata Agus.

Ia tidak sendirian berkarya. Secara otodidak, para pemuda desa ikut membantu. Ada yang membawakan minuman, camilan, dan mengaduk cat. Di bidang lainnya, gambar tiga dimensi tak kalah memukau.

Misalnya gambar jembatan di atas tebing curam terbelah sungai yang airnya bergolak, titian blok semen mengambang, permadani terbang dan beberapa lainnya. Tak hanya menyuguhkan gambar tiga dimensi, jalan Dusun Serut memiliki spot lukisan dua dimensi dengan tulisan slogan.

Jalan itu makin cantik ditambah dekorasi untaian kantung plastik aneka warna. Tiap pagi dan sore, seluruh warga keluar rumah sambil mengambil swafoto berlatar gambar tiga dimensi yang tertoreh di bawah kakinya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge