0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kreasi Memukau Galeri Jalan 3D Berawal dari Cat Sisa

Lukisan tiga dimensi kolam ikan di jalan Dusun Serut, Ngringo, Jaten (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Kemunculan galeri lukisan jalan tiga dimensi di Dusun Serut, Desa Ngringo, Jaten berawal dari keisengan seorang warga memakai sisa cat pembuatan gapura kampung.

“Setelah pengecatan gapura kampung, ada sisa cat dinding. Cat itu bantuan sponsor dari produk bermerek. Lalu, ketua Rt 04/Rw XII meminta saya memakainya untuk melukis jalan di depan rumahnya. Hanya blok-blok warna saja. Setelah dilihat-lihat, kok bagus,” kata Agus Sukoco, seorang warga Dusun Serut kepada Timlo.net, Kamis (10/8).

Tergugah dengan karya menarik di salah satu penggal jalan kampung, lukisan berlanjut ke penggal lainnya. Mulai dari pewarnaan biasa sampai bertema. Ada lukisan dua dimensi karakter kartun, namun jenis tiga dimensi paling menarik.

Agus mengatakan, ia tidak berkecimpung di dunia seni lukis secara profesional. Hanya saja, ia terbiasa menggambar sejak kecil. Pemilik usaha dekorasi pernikahan ini bahkan hanya dipandu literatur di internet untuk membuat karya lukis tiga dimensi.

“Baru kali ini. Otodidak saja. Lihat di google, lalu diaplikasikan. Butuh warna utama merah, hitam, putih, hijau dan kuning. Beberapa dioplos untuk menghasilkan warna lain,” katanya.

Dalam menghasilkan satu lukisan, ia dibantu para tetangga membutuhkan waktu empat sampai lima jam. Biasanya dilembur mulai jelang tengah malam sampai dini hari. Maklum saja waktu luang warga terbatas.

“Catnya disediakan warga yang ketempatan depan rumahnya dilukis. Tidak ada sponsor maupun bantuan lain. Semua swadaya,” katanya.

Dikatakan Agus, pagi dan petang merupakan waktu paling tepat berswafoto berlatar lukisan jalan. Low light akan menguatkan karakter lukisan tiga dimensi yang ditangkap kamera ponsel maupun profesional.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge