0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Pembobol Brankas PDAM Makassar Dibekuk, Satu Buron

Pelaku pencurian uang berangkas kantor PDAM (merdeka.com)

Timlo.net — Tiga dari empat orang pembobol brankas milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar berisi uang Rp 1,2 Miliar diringkus jajaran Satuan Reskrim Polrestabes Makassar. Mereka adalah Muhammad Tuanaya (42), residivis asal Maluku Tengah, Muhammad Iwan (34), warga Makassar, juga residivis. Terakhir, Asri ditangkap di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/8) lalu. Sementara satu lagi pelaku masih buron.

“Kita masih melakukan pengejaran terhadap satu lagi pelaku pembobol berangkas di ruang keuangan kantor PDAM Makassar itu. Namanya Kamajaya, perannya dia menjaga, memantau situasi di luar ruangan saat Muhammad Tuanaya dan Muhammad Iwan beraksi di lantai dua merusak pintu ruangan dan lemari brankas,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar AKBP Anwar Hasan, Kamis (10/8).

Dia mengatakan, uang Rp 1,2 Miliar yang dibawa kabur komplotan residivis ini mereka bagi empat. Saat penangkapan pertama di Desa Tial, Maluku Tengah, yakni Muhammad Tianaya dan Muhammad Iwan di Makassar, disita uang Rp 253 Juta.

Di antaranya ada yang ditarik dari rekening istri Muhammad Tianaya sebesar Rp 200 Juta. Selebihnya, kedua pelaku ini gunakan untuk foya-foya dan bayar utang. Karena dalam melakukan aksinya mereka berani berutang dulu. Antara lain untuk beli tiket Muhammad Tuanaya dari Ambon menuju Makassar, untuk menjalankan aksi maling orderan dari Muhammad Iwan yang ada di Makassar.

Hasil interogasi sementara dari Asri, kata Anwar Hasan, sebagian dari jatahnya senilai Rp 80 Juta dia berikan ke Muhammad Iwan di Makassar untuk dibelikan motor Ninja RR 125. Namun motor itu disita di rumah Muhammad Iwan saat digerebek.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge