0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Delapan Kelurahan Punya Laman Web Khusus

web surakarta.go.id (ist)

Solo — Pemerintah Kota Solo meluncurkan website untuk delapan kelurahan di Solo. Laman web itu berisi berbagai informasi terkait masing-masing kelurahan seperti potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), kuliner, wisata, dan budaya. Laman web serupa rencananya akan dikembangkan untuk semua kelurahan di Solo.

“Kita memfasilitasi permintaan masyarakat yang meminta dibuatkan semacam etalase untuk kelurahan,” kata Kepala Bidang Informatika Dinas Komunikasi, Informatika, Statistika dan Persandian (Kominfo SP), Jackson Napitupulu saat pelucuran di gedung Humas Pemkot Solo, Kamis (10/8).

Delapan kelurahan yang mendapatkan laman web khusus yaitu:

  1. Tipes (kel-tipes.surakarta.go.id),
  2. Semanggi (kel-semanggi.surakarta.go.id),
  3. Jebres (kel-jebres.surakarta.go.id),
  4. Pucangsawit (kel-pucangsawit.surakarta.go.id),
  5. Keprabon (kel-keprabon.surakarta.go.id),
  6. Penumping (kel-penumping.surakarta.go.id),
  7. Danukusuman (kel-danukusuman.surakarta.go.id),
  8. dan Kedunglumbu (kel-kedunglumbu.surakarta.go.id).

 

Delapan kelurahan tersebut menjadi proyek uji coba untuk melihat berjalannya laman web. Isian website murni berasal dari kelurahan yang bersangkutan. Isian web bisa ditulis karangtaruna maupun warga kelurahan yang diberi tanggung jawab. Pemilik UMKM juga bisa mengusulkan materi promosi untuk ditampilkan di laman.

“Kami harapkan setiap kelurahan bisa aktif mengupdate isi website agar dinamis. Kalau ada even, misalnya, bisa diposting ke website,” kata dia.

Pengelolaan halaman web untuk kelurahan sepenuhnya gratis. Diskominfo SP sudah menyiapkan infrastruktur dan jalur data untuk operasional laman web. Tak hanya itu, tiga orang administrator juga ditugaskan khusus untuk menyaring dan mengatur pembaruan website.

“Kita tidak berani langsung membuka akses. Maka dari itu kita adakan administrator agar isi website terkontrol. Jangan sampai ada content yang nantinya menimbulkan masalah,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge