0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Tambah Dua Guru Besar

Kampus UNS, di Kentingan, Jebres, Solo (dok.timlo.net/red)

Solo — Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali mengukuhkan guru besar baru. Kali ini sebanyak dua guru besar, masing-masing Prof Dr Wakit A Rais MHum, Guru Besar Bidang Ilmu Linguistik (Etnolinguistik) dari Fakultas Ilmu Budaya, dan Prof Dr Suyitno MPd, Guru Besar Bidang Ilmu Kajian Sastra dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Dalam pidato pada pengukuhan Guru Besar pada hari Selasa (15/8) nanti, saya akan mengupas tuntas terkait adanya multiparadigma dalam kajian sastra,” ungkap Prof Suyitno didampingi Prof Wakit kepada wartawan, di Solo, Kamis (10/8).

Suyitno mengatakan, realitas sastra sebagai perpaduan  realitas nyata dan realitas baru kreativitas pengarangnya bersifat subyektif. Realitas sastra bersandar pada visi pengarang dan  tidak pernah terlepas dari hakekatnya yang imajinatif.

Pada kesempatan yang sama, Wakit mengaku pidatonya akan mengangkat kearifan lokal yang terangkum dalam bahasa Jawa, sebagai tema utama pidatonya nanti. Dirinya juga berpendapat jika ketahanan kepribadian masyarakat sangat ditentukan oleh kekuatan kearifan lokal (local genius) dalam menghadapi kekuatan global.

Sementara itu,  pengukuhan keduanya akan dilakukan dalam Sidang Senat Terbuka Universitas Sebelas Maret pada tanggal 15 Agustus 2017 nanti.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge