0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau, Konsumsi BBM dan LPG Meningkat

Antrean pembelian BBM di SPBU Nglangon (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi naik dalam dua bulan terakhir pada musim kemarau ini. Peningkatan terjadi lantaran banyak petani membutuhkan BBM untuk menyedot air dengan mesin disel.

”Memang terjadi peningkatan pada kemarau basah ini, ini saja masih ada hujan, belum nanti kalau memang benar-benar kering,” kata Plt Direktur Perusda SPBU dan Bengkel Terpadu Pemkab Sragen, Supriyadi, Kamis (10/8).

Menurutnya, konsumsi BBM di tiga SPBU milik Perusda Sragen yaitu Nglangon, Pilangsari dan Tangen masih banyak yang menggunakan BBM bersubsidi atau jrnis premium, terutama kendaraan roda dua. Kondisi ini sudah terasa sejak awal Juni lalu.

Dari konsumsi yang biasanya 35 ton menjadi 40 ton. Demikian juga dengan penjualan solar juga meningkat pesat, dari biasanya mengeluarkan 10 ribu liter menjadi 16 ribu liter per hari.

Supriyadi melanjutkan, peningkatan penggunaan bahan bakar tersebut juga termasuk penggunaan LPG ukuran 3 kilogram. Pasalnya banyak petani yang menggunakan LPG dan solar untuk menyedot air.

”Banyak petani yang pakai gas (LPG) 3 kilogram. Permintaan gas banyak, padahal jatah kami hanya 100 tabung seminggu. Tapi sehari sudah habis,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge