0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Boneka “Annabelle” di Film Berbeda Dengan Yang Asli, Ini Alasannya!

Boneka Annabelel yang asli ditaruh di dalam kotak kaca. (Dok: Timlo.net/ USA Today. )

Timlo.net—Bahkan jika dibandingkan film-film horor lainnya, boneka kayu Annabelle memang terlihat menyeramkan. Mata yang tidak berkedip, makeup yang menyolok, senyum yang menakutkan membuat Annabelle menjadi sosok penjahat yang berkesan saat muncul dalam film “The Conjuring”.

“Kami tahu jika kami memiliki sesuatu yang spesial saat orang berusaha menghindari Annabelle di lokasi syuting. Dia benar-benar memberikan nuansa yang benar-benar menyeramkan,” ujar sutradara film “The Conjuring” James Wan kepada USA Today.

Tapi sebenarnya, boneka Annabelle di dalam film berbeda dengan yang aslinya. Annabelle yang asli adalah boneka Raggedy Ann dengan mata kancing dan rambut merah. Boneka yang asli tidak terlihat menakutkan sama sekali. Boneka itu sekarang ini disimpan di Occult Musem di Monroe, Connecticut, Amerika Serikat (AS) yang dimiliki pasangan Warren. Sekalipun terlihat imut-imut, Lorraine Warren,90 memperingatkan jika Anda tidak boleh meremehkan boneka itu.

“Penampilan itu menipu. Yang membuat boneka itu menakutkan bukanlah penampilannya, tapi apa yang ada di dalamnya: yang jahat,” ujarnya.

Mereka yang skeptik mungkin beranggapan jika kisah Annabelle hanya dongeng seram yang diceritakan saat kemah. Tapi Lorraine mengungkapkan jika kisah Annabelle adalah kisah nyata. Kisah itu bermula saat seorang ibu membeli Annabelle dari sebuah toko hobi pada 1970 sebagai hadiah untuk puterinya.

Peristiwa-peristiwa aneh segera terjadi begitu boneka itu berada di rumah mereka. Mulai dari Annabelle yang melayang di udara hingga berbagai serangan brutal mulai terjadi. Bahkan seorang teman keluarga itu mengaku pernah dicekik.

Lorraine dan Ed Warren diminta menyelidiki kasus ini. Mereka menyimpulkan jika boneka itu dihuni oleh roh jahat. Ed membawa boneka itu untuk diamankan di musem miliknya. Tapi menurut pengakuan Ed, boneka itu berusaha merusak rem dan roda stir mobil beberapa kali. Untuk menghentikan ulah boneka itu, Ed menyiramkan air suci ke kursi belakang mobil, di mana boneka itu diletakkan.

Di dalam museum, Annabelle disimpan di dalam sebuah kotak kaca yang diamankan dengan doa ritual. “Kami meminta seorang pendeta datang dan memberkati museum itu, termasuk Annabelle. Doa-doa itu mengikat si jahat itu—seperti pagar listrik untuk seekor anjing,” terang Lorraine.

Saat James dan produser Peter Safran mulai mengembangkan “The Conjuring”, mereka beranggapan boneka Raggedy Ann itu tidak akan cocok tampil dalam film. “Sebagai permulaan, Anda akan kesulitan menemukan sebuah pabrik yang mengizinkan boneka mereka ditampilkan sebagai medium roh jahat dalam sebuah film,” kata Peter.

James ingin boneka yang terlihat mencolok dan akhirnya menemukan keseimbangan antara kepolosan dan keseraman. Tapi mereka menekankan pada sisi seram Annabelle. Sutradara David F. Sandberg yang menggarap “Annabelle: Creation” mengurangi sisi seram Annabelle. Tujuannya supaya orang percaya jika boneka itu adalah mainan anak-anak.

“Kami memang melembutkan penampilannya. Dia sekarang memiliki pipi yang tembem dan kami memperbaiki giginya,” terang David. Tentunya boneka itu tetap lebih seram dibandingkan boneka asli. Bahkan jika dia tidak digambarkan bergerak di layar.

Sekalipun boneka yang asli tidak menyeramkan, Lorraine membagikan kisah seram yang dialami pengunjung yang mengganggu boneka itu. Pengunjung muda itu memukuli kotak kaca di mana Annabelle disimpan. Dia juga mengejek boneka itu hingga Ed mengusirnya keluar. Sang pemuda dan pacarnya mengendarai sepeda motor.

“Dia memberitahu kami jika mereka berdua tertawa dan mengejek boneka itu saat pemuda itu kehilangan kendali sepeda motor dan menabrak sebuah pohon,” aku Lorraine. Tapi sayangnya kita tidak bisa membuktikan kebenaran pengakuan Lorraine.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge