0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Temukan Orangutan Nyasar di Pemukiman

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net — Dua orangutan spesies Kalimantan Tengah atau Pongo Pygmaeus Wrumbii, dilaporkan tersesat ke perkebunan warga di 2 desa yang berada di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Tim penyelamat tengah berupaya mengevakuasi keduanya untuk menghindari konflik dengan warga.

Keberadaan orangutan pertama dilaporkan oleh warga Desa Gorong. Pada Senin (7/8) lalu, warga melihat orangutan dewasa berada di kebun mereka.

“Warga yang menemukan itu, melaporkan ke petugas BOS (Borneo Orangutan Survival) Nyaru Menteng, dan kemudian diteruskan ke kita. Dari cirinya, orangutan jantan dewasa,” kata Petugas Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Kalimantan Tengah Nandang Hermawan, dikonfirmasi merdeka.com, Rabu (8/9).

Orangutan di desa ini tidak sampai mengganggu kebun warga. Namun warga khawatir karena ditemukan semacam rumah orangutan baru di dekat kebun.

“Kita segera antisipasi agar tidak terjadi konflik dengan warga lain yang menemukannya, yang bisa mengancam keselamatan orangutan,” ujarnya.

Nandang menjelaskan, siang tadi, tim penyelamat gabungan dari BKSDA Kalteng dan BOS Nyaru Menteng, tiba di lokasi, untuk mencari keberadaan orangutan.

“Sekira 2 jam ya dari Palangka Raya (ibu kota provinsi Kalimantan Tengah). Kemudian, menuju lokasi, masuk ke hutan sekira 200 meter dari jalan,” sebut Nandang.

Pihaknya masih berupaya mencari keberadaan orangutan dan mengevakuasinya.

“Sambil kami rencananya untuk mengevakuasi orangutan lain yang juga berasal dari laporan warga, juga di kebun sekitar permukiman. Ya, ada 2 orangutan di Pulang Pisau, di 2 desa yang berbeda,” ungkap Nandang.

Dalam catatan BOS Nyaru Menteng, ditemukannya orangutan di Pulang Pisau menandakan bahwa paska kebakaran hutan dan lahan 2 tahun lalu, tepatnya di 2015, menyisakan persoalan ekologi di Taman Nasional Sebangau.

“Disinyalir, orangutan liar yang masuk ke kebun dan permukiman warga, adalah orangutan yang keluar dari hutan-hutan penyangga Taman Nasional Sebangau,” kata Juru Bicara BOS Nyaru Menteng Monterado Fridman, dalam keterangan terpisah.

Saat ini, kabupaten Pulang Pisau menyumbang cukup banyak orangutan yang masuk ke pusat rehabilitasi BOS Nyaru Menteng.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge