0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Smoking Room di Balaikota Mulai Dibongkar

Spanduk "Bebas Asap Rokok" terpampang di beberapa titik di Balaikota Solo sejak Jumat (2/6) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Pemerintah Kota Solo membongkar ruang khusus merokok (smoking room) di lingkungan Balaikota Solo. Pembongkaran ini sebagai wujud komitmen Pemkot menerapkan kebijakan kawasan tanpa rokok (KTR) di Balaikota yang dicanangkan Walikota Solo awal Juli lalu.

“Kita mulai bongkar smoking room di Balaikota karena sekarang sudah ditetapkan sebagai kawasan bebas asap rokok,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, Rabu (9/8).

Di lingkungan Balaikota Solo ada empat smoking room yang dibangun beberapa tahun lalu. Pada prakteknya, ruang khusus merokok itu jarang sekali difungsikan. Merokok di luar smoking room dianggap wajar selama masih di luar ruangan. Ruang kaca itu pun beralih fungsi menjadi gudang sehingga terkesan kumuh.

“Pokoknya tidak boleh ada yang merokok. Ruang merokok kita bongkar atau kita gunakan untuk fungsi lain,” kata Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Pembongkaran dilakukan bertahap. Smoking room di teras Bagian Administrasi Umum menjadi sasaran pembongkaran pertama karena letaknya yang berada di dekat lahan parkir yang sering dilalui masyarakat. Sementara ruangan lain masih menunggu giliran.

“Kita ingin masyarakat sehat. Tentunya kita harus menjadi contoh yang baik,” kata Rudy.

Sejak ditetapkan sebagai KTR awal Juli lalu, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Solo pun terpaksa menahan diri tidak merokok selama jam kerja. Mereka yang ingin merokok harus menunggu waktu istirahat dan keluar dari lingkungan Balaikota untuk merokok.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge