0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Bersedia Talangi per KK Rp 10 Juta

Karanganyar — Pemkab Karanganyar bersedia mengawali pemberian bantuan stimulan relokasi mandiri 21 keluarga asal Buntung Rt 02/Rw 04 Desa Gerdu, Karangpandan dengan nominal Rp 10 Juta per keluarga. Dana bersumber APBD kabupaten ini merupakan salah satu sumber pembiayaan selain APBD provinsi dan APBN yang belum cair.

“Pemkab menyetujui bantuan bersumber APBD kabupaten dicairkan dulu. Per KK besarannya Rp 10 juta,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Djatmiko kepada Timlo,net, Rabu (9/8).

Idealnya, per KK memperoleh bantuan stimulan pembangunan rumah relokasi Rp 45 Juta. Rinciannya, Rp 10 Juta dari APBD kabupaten, Rp 15 Juta dari APBD provinsi dan Rp 20 Juta dari APBN. Pengajuan dana tersebut ke pemerintah provinsi dan pusat telah disampaikan bupati Juliyatmono pada akhir Januari 2017 lalu komplit dilampirkan rekomendasi tim geologi ITB.

BPBD Karanganyar menilai pemindahan 21 keluarga itu ke lokasi aman mendesak dilakukan. Selama masih bertahan di area rawan pergerakan tanah, mereka selalu diawasi nonstop dari sukarelawan kebencanaan.

“Dari 21 KK, dua diantaranya sudah pindah ke Girilayu, lima bergeser ke lokasi lain namun masih di Gerdu, dua lagi pindah juga di desa sama yang berjauhan dari area rawan. Sedangkan lainnya juga kepingin pindah. Tapi tak memiliki modal cukup. Nah, audiensi mereka di DPRD bertujuan meminta percepatan bantuan relokasi,” katanya.

Pihaknya akan mencermati model paling memungkinkan agar tidak menyalahi regulasi. Pada intinya, bantuan tersebut pendamping modal membangun rumah permanen di lokasi aman yang wajib dilaporkan penggunaannya. Bambang mengatakan, Pemkab membangun jalur evakuasi dan mendidik mitigasi bencana di area itu.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge