0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPBD Jateng Resmikan Unit Khusus bagi Penyandang Disabilitas

Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana memberi keterangan kepada wartawan usai peresmian Unit LIDi PB di Hotel Syariah, Rabu (9/8) (timlo.net/ichsan rosyid)

Karanganyar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah meresmikan Unit Layanan Inklusif Disabilitas Penanggulangan Bencana (LIDi PB) di Hotel Syariah, Rabu (9/8). Unit tersebut merupakan unit yang mengakomodasi penyandang disabilitas dalam kegiatan penanggulangan, penanganan, hingga rehabilitasi paska bencana.

“Unit LIDi PB Jateng ini adalah yang pertama di Indonesia,” kata Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana usai peresmian.

Peresmian dihadiri 400 penyandang disabilitas dari 35 Kabupaten/Kota. Tak hanya itu, 33 BPBD tingkat Kota/Kabupaten di Jawa Tengah dan 8 BPBD tingkat Provinsi. Kegiatan dua hari itu juga dihadiri perwakilan organisasi nonpermerintah seperti Mercy Corps Indonesia, Handicap International, Arbeiter Samariter Bund (ASB), komuntas relawan disabilitas, dan forum penguranan resiko bencana Jateng. Pada kegiatan tersebut, dibagikan buku panduan penanganan penyandang disabilitas saat bencana.

Acara di Hotel Syariah ini sendiri merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan yang digelar sejak beberapa bulan yang lalu. Sebelumnya, BPBD Jateng telah menggelar serangkaian kegiatan sosialisasi dan pelatihan untuk meningkatkan kapasasitas penyandang disabilitas dalam penanganan bencana.

“Ini semacam puncak untuk agar Unit LIDi PB ini ditiru daerah-daerah lain terutama 8 provinsi yang hadir,” kata Kepala Unit LIDi PB Jateng, Edy Supriyanto.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan bahwa penyandang disabilitas termasuk kelompok rentan dalam kejadian bencana. Namun bila dipersiapkan dengan baik, mereka bisa membantu diri sendiri bahkan terlibat dalam penanganan bencana.

“Selama ini teman-teman disabilitas di Jateng sudah sering terlibat dalam penanganan bencana. Terakhir saat banjir di Grabag, mereka membantu melakukan pendataan pilah,” kata Edy.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge