0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Karanganyar Janjikan Sebagian Dana Relokasi Mandiri

Karanganyar –Desakan untuk menyegerakan bantuan relokasi mandiri korban longsor Dusun Buntung Rt 02/Rw IV, Desa Gerdu, Karangpandan ditanggapi serius kalangan DPRD Karanganyar. Para wakil rakyat berjanji mengupayakan pembayarannya di APBD perubahan tahun ini.

“Berapa besarnya bantuan, akan dihitung nanti. Yang jelas, paling memungkinkan di mekasnisme pembahasan anggaran perubahan,” kata Ketua DPRD Sumanto kepada puluhan warga Buntung, Gerdu Karangpandan di gedung dewan, Rabu (9/8).

Berdasarkan model pembiayaan bantuan keuangan tersebut, per KK korban longsor berhak memperoleh stimulan membangun rumah Rp 45 Juta. Bantuan itu disokong APBD kabupaten Rp 10 Juta, APBD provinsi Rp 15 Juta dan APBN Rp 20 Juta.

“Prinsipnya, kami siap membantu warga Buntung, Gerdu, Karangpandan itu. Yang jelas, dari APBD segera dianggarkan. Selain APBD, semoga ada juga bantuan dari provinsi atau pusat,” katanya.

Ketua komisi D DPRD Karanganyar, Endang Muryani, menyesalkan lambannya penanganan Pemkab terhadap 21 KK korban longsor di Dusun Buntung. Longsor susulan bisa sewaktu-waktu menggulung puluhan warga.

“Ini sangat aneh bencana sudah terjadi sejak 2007, 2008 dan 2012 ditambah lagi telah terjadi rekahan tanah. Semenetara di Desa Menjing, Kecamatan Jenawi yang terjadi longsor tahun 2015 lalu, sudah direlokasi. Saya sangat menyayangkan sikap Pemkab  yang mengabaikan  warga Dusun Buntung ini. Padahal mereka relokasi secara mandiri alias mau membeli tanah sendiri,” tegas Endang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge