0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Stok Aman, Bulog Solo Usulkan Moving Beras ke Daerah Lain

Stok beras gudang Bulog (dok.timlo.net/tarmuji)

Solo – Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive III Solo pastikan stok beras aman untuk beberapa bulan ke depan. Bahkan untuk menjaga pemerataan, diusulkan untuk melakukan moving beras ke daerah lain.

“Stok beras kita yang ada di gudang sekitar 48.472 ton. Atau cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 7,4 bulan ke depan,” ujar Kepala Perum Bulog Sub Drive III Solo, Titov Agus S kepada wartawan, Rabu (9/8).

Titov mengaku penyerapan gabah dari petani yang dilakukan Bulog selama ini sudah cukup maksimal. Pasalnya, dari target 114 ribu ton sampai akhir tahun sudah terealisasi sekitar 51 persen atau 57.692 ton. Dengan tingginya tingkat serapan itu, pihaknya mengusulkan untuk melakukan moving beras ke daerah lain.

“Kita sudah megusulkan kepada pusat untuk melakukan moving beras sekitar enam ribu ton. Tujuannya untuk menjaga pemerataan beras dengan daerah lain,” jelasnya.

Sementara itu untuk dapat memaksimalkan penyerapan beras dari petani, ia mengaku Bulog telah menerapkan strategi baru yaitu dengan fleksibilitas harga. Dengan adanya skema tersebut, Bulog dapat melakukan pembelian gabah atau beras dari petani lebih tinggi dari harga pembelian pemerintah (HPP).

“Dengan skema fleksibilitas harga ini selisihnya sekitar 10 persen lebih tinggi dari HPP. Oleh karena itu kita optimis dengan strategi ini bisa membantu memaksimalkan penyerapan,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge