0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembentukan Densus Anti korupsi Ditargetkan Selesai Akhir Tahun

(merdeka.com)

Timlo.net – Pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Anti korupsi ditargetkan terwujud akhir tahun ini. Usai dibentuk, Densus Anti korupsi bisa langsung bekerja.

“Akhir tahun diharapkan sudah terbentuk dan sudah bekerja,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto di Jakarta, Senin (7/8).

Lebih lanjut, Setyo mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan kantor untuk Densus Antikorupsi di Polda Metro Jaya, dengan jumlah enam lantai. Namun, dirinya belum mau menyebut berapa jumlah personel yang nantinya akan tergabung di Densus Antikorupsi tersebut.

Untuk regulasinya sendiri, Setyo menerangkan Densus Antikorupsi nantinya langsung berada di bawah pimpinan Kapolri. Densus Antikorupsi ini akan mirip seperti Densus 88.

“Aturan sudah jelas, diharapkan Densus itu dibawah langsung kendali Kapolri, termasuk personel kita akan dikendalikan oleh pusat,” terangnya.

Namun, untuk undang-undangnya sendiri, Setyo menuturkan fokus pada hukum yang ada yaitu tindak pidana korupsi (tipikor). Hal itu pun ternyata berbeda dengan UU yang telah dimiliki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“UU Tipikor saja. Kalau KPK lembaga baru, polisi dari dulu nangani korupsi,” tandasnya.

Dalam hal ini, Densus Antikorupsi sendiri tak akan tumpang tindih dalam menjalankan tugasnya dengan KPK. Nantinya, Densus justru akan berkolaborasi dengan KPK dalam menangani kasus (korupsi).

Mendengar hal itu, KPK pun tak mempermasalahkan hal tersebut. Karena, KPK justru mendukung dibentuknya Densus Antikorupsi oleh Polri. KPK sendiri pun juga tidak merasa tersaingi dan akan tetap menjalankan tugasnya sesuai Undang-Undang.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge