0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ternak Mati Diduga Dimangsa Anjing Liar Resahkan Warga

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Sedikitnya lima ekor kambing milik warga Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, DIY, mati diduga dimangsa anjing liar.

Kepala Desa Purwodadi, Sucipto mengatakan hewan ternak itu dipelihara warga di Dusun Sureng, yang berada di sekitaran Pantai Siung dan Pantai Ngondo.

“Ada sekitar lima ekor kambing yang mati. Mereka tidak dimakan habis tetapi hanya dimakan sebagian tubuhnya saja,” ucap Sucipto saat dihubungi, Rabu (9/8).

Sucipto memperkirakan pemangsa hewan ternak warga itu adalah kawanan anjing liar yang selama ini tinggal di goa-goa yang ada di perbukitan. Anjing-anjing liar keluar dari sarangnya karena kehabisan makanan.

“Serangan anjing liar ini biasa terjadi saat di perbukitan sudah tak ada lagi hewan untuk dimangsa. Sehingga anjing liar ini menyerang hewan ternak milik warga,” terang Sucipto.

Sucipto mengatakan, warga memang membangun kandang ternak jauh dari pemukiman. Warga, lanjut Sucipto, membangun kandang di dekat sumber pakan yaitu ladang dan jauh dari tempat tinggalnya.

“Untuk mengantisipasi serangan anjing liar, warga saat ini melakukan ronda malam. Ronda dilakukan sambil membunyikan suara untuk mencegah dan menakuti anjing liar,” ucap Sucipto.

Sucipto menuturkan meski serangan kerap terjadi di musim kemarau hingga saat ini belum ada anjing liar yang berhasil tertangkap oleh warga. Warga, sambung Sucipto, tiap tahun kerap kehilangan hewan ternak karena dimangsa anjing liar. Tetapi belum ada satu anjing yang berhasil ditangkap maupun dibunuh oleh warga.

“Jika ada anjing liar langsung dibunuh oleh warga. Soalnya sudah meresahkan warga. Sayangnya belum pernah ada anjing liar yang tertangkap warga,” jelas Sucipto.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge