0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Kunjungi Museum

Presiden Jokowi dan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo di sela peresmian Museum Keris (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak segenap masyarakat untuk mengunjungi museum serta tidak lupa dengan budaya Nusantara. Hal itu dikatakannya usai penandatanganan prasasti yang menandai dibukanya Museum Keris, di kawasan Sriwedari, Solo, Rabu (9/8).

“Walaupun mengejar kemajuan, tidak boleh tercerabut meninggalkan adiluhung bangsa. Sudah sepantasnya melestarikan budaya bangsa, termasuk keris,” kata Presiden.

Jokowi juga mengatakan, generasi milenial Indonesia lebih akrab dengan gawai daripada dengan budaya Nusantara. Karenanya dirinya berharap dengan berdirinya Museum Keris bisa menambah khasanah pengetahuan, termasuk menarik generasi muda untuk bisa mencintai budaya Nusantara.

“Ada berbagai macam peninggalan sejarah yang tersimpan di museum, seperti keris, di Sulawesi Selatan ada Badik, di Kalimantan ada Mandau, di Jawa Barat ada Kujang, dan ini semua merupakan warisan berharga bangsa yang wajib diketahui para pemuda,” kata Jokowi.

Di dalam museum dipajang bermacam-macam senjata tradisional Nusantara, seperti keris, tombak, dan pedang. Jumlah keris yang ada totalnya adalah 409 pucuk, sedangkan tombak ada 38 pucuk. Jumlah tersebut masih ditambah dengan pinjaman para kolektor sebanyak 61 pucuk.

Sementara Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo memaparkan, pembuatan Museum Keris Nusantara, dibangun secara bertahap oleh Pemerintah Pusat. Dimulai pada 2013 silam hingga diresmikan pada tahun 2017. Pada tahap pertama pemerintah mengucurkan dana Rp 7,9 miliar, pada tahap kedua Rp 5 miliar, dan tahap III senilai Rp 8,2 miliar. Sedangkan APBD 2016 senilai Rp 1,2 miliar. Serta hibah dari pemerhati keris sebesar Rp 1,3 miliar.

“Hari ini telah selesai diresmikan, seperti impian Bapak Presiden untuk bisa memiliki museum keris,” katanya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge