0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Korupsi E-KTP, Marzuki Alie kembali Diperiksa KPK

Mantan Ketua DPR periode 2009-2014, Marzukie Alie (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Mantan Ketua DPR periode 2009-2014, Marzukie Alie memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk dimintai keterangannya sebagai saksi terkait korupsi proyek e-KTP. Kader Demokrat itu tiba di gedung KPK sekitar pukul 10.00 WIB.

Mengenakan batik lengan pendek berwarna coklat, Marzuki bergegas memasuki lobi gedung KPK tanpa berkomentar mengenai pemeriksaan dirinya hari ini.

Pelaksana harian kabiro humas KPK, Yuyuk Andriati Iskak membenarkan pemeriksaan Marzuki sebagai saksi untuk tersangka Setya Novanto. “Pemeriksaan (Marzuki Alie) sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto),” ujar Yuyuk, Rabu, (9/8).

Sebelumnya dalam surat dakwaan milik Irman dan Sugiharto, Marzuki Alie disebutkan mendapat jatah Rp 20 miliar. Jatah tersebut diberikan Andi Agustinus alias Andi Narogong selaku pengusaha yang diduga mengkondisikan perusahaan yang ikut serta dalam konsorsium proyek e-KTP.

Dalam surat tuntutan jaksa penuntut umum KPK juga mempertimbangkan dalam analisis yuridisnya mengenai penerimaan uang oleh Marzuki. Analisis tersebut berdasarkan sejumlah keterangan saksi yang pernah hadir dalam persidangan. Termasuk terdakwa Sugiharto.

Menurut Sugiharto, Andi memperlihatkan sejumlah catatan yang isinya terdapat nama-nama serta partai politik yang akan mendapat jatah dari Andi, dengan inisial kode ‘MA’.

Marzuki sendiri membantah mengenai fakta tersebut.

“Silakan saja tunjukkan jangan ngomong doang. Kalau ngomong doang tidak akan selesai. Kalau ada bukti nih, Marzuki buktinya,” ujar Marzuki saat hadir menjadi menjadi saksi untuk tersangka Andi Narogong, Kamis (6/7). [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge