0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru dan Siswa Kesurupan Massal, Sekolah Diliburkan

SMPN 1 Berau Kaltim. (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Siswa dan guru SMPN 1 Jl Jenderal Sudirman, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, pagi tadi dibikin heboh. Puluhan siswa mendadak kesurupan massal. Pihak sekolah mengambil kebijakan memulangkan seluruh siswa dan meniadakan aktivitas belajar mengajar.

Informasi dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.30 Wita. Salah seorang siswa di kelas II yang berada di lantai II, mendadak kesurupan dan bicara tak jelas. Hanya berselang beberapa menit, siswa lainnya juga mengalami hal serupa bahkan ke ruang kelas lainnya.

Siswa lain dan guru, menjadi panik. Guru memberitahukan adanya siswa yang kesurupan hingga akhirnya berimbas ke siswa lainnya.

“Kejadiannya masih jam awal-awal belajar ya, sekira jam 7.30 Wita, awal mula belajar. Bagaimana persisnya, saya kurang tahu,” kata Wakil Kepala SMP Negeri 1 Tanjung Redeb Bidang Kurikulum Elhamdi ditemui wartawan di kantornya, Rabu (9/8).

“Awal informasi memang disampaikan oleh guru kelasnya. Merembet ke siswa lain, sekitar 30 orang (yang kesurupan),” tambah Elhamdi.

Tak mau ambil risiko, pihak sekolah bergerak cepat agar siswa yang kesurupan tidak bertambah banyak. Akhirnya, diputuskan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar dengan memulangkan seluruh siswa.

“Sementara hari ini saja (dipulangkan dan tidak belajar di sekolah). Cuma, bagi yang kerasukan, mungkin diistirahatkan sampai besok. Karena kita khawatir,” terangnya Elhamdi.

Dalam catatan pihak sekolah, kejadian siswa kesurupan ini, bukanlah kali pertama. Beberapa tahun lalu, pernah terjadi hal yang sama, meski memang penyebabnya tidak diketahui persis.

“Sering sih tidak. Dulu, pernah terjadi sekali, sekira 4-5 tahun lalu. Dan akhirnya, dipanggilkan orang juga (orang pintar untuk menyembuhkan). Penyebanya tidak tahu,” jelas Elhamdi. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge